Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi yang baik akan memudahkan orang untuk mendapatkan sahabat, mitra kerja, pelanggan dalam bisnis, konsituen dalam politik, promosi jabatan dalam organisasi dan perusahaan, serta kemudahan-kemudahan dalam mendapatkan rizki.
Komunikasi memberi informasi, membentuk citra, mempersuasi dan mendidik masyarakat melalui program-program yang dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan khalayak dan keinginan pemasar. aspek-aspek tentang kebutuhan khalayak strategi menyusun pesan, pemilihan media, penyerbarluasan dan pendekatan target sasaran dikemas dalam buku.
Buku ini membahas inkulturasi, manajemen konflik dan transformasi sosial-melalui peran corporate social responsibility (CSR) yang mewakili teori sistem umum (GST), bencana dan lingkungan, serta komunikasi risiko lingkungan sebagai tema yang mendekatkan pada masalah-masalah lingkungan, dan aktual masa kini.