Buku ini membahas mengenai konsep-konsep materi dasar matematika bilangan bagi para guru-guru sekolah dasar yang tediri dari sistem numerasi, bilangan cacah, teori bilangan dan pecahan.
Buku ini mengulas konsep dasar matematika dalam 7 bab dengan materi : pemecahan masalah; himpunan dan diagram venn; penalaran deduktif dan induktif; fungsi , koordinat dan grafik; persamaan dan pertidaksamaan; transformasi geometri; statistika.
Metode secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau jalan menuju suatu 3jalan. Secara terminologi, metode adalah kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan carakerja (sistematis) untuk memahami suatu atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan te…
Buku ajar Matematika Dasar ini terdiri dari 9 Bab Materi Perkuliahan,yang terdiri dari (1) Sistem Bilangan Real; (2) Himpunan; (3) Persamaan dan Pertidaksamaan Linear; (4) Fungsi; (5) Matriks; (6) Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak; (7) Limit dan Kekontinuan; (8) Turunan; (9) Integral. Materi ini merupakan satu kesatuan materi yang dipelajari oleh mahasiswa…
Buku ini terdiri dari 4 Bab, yakni terdiri dari (1) Sistem Numerasi; (2) Bilangan Cacah; (3) Teori Bilangan; (4) Pecahan. Tujuan diterbitkan buku ini untuk membantu mahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep materi dasar matematika bilangan bagi guru sekolah dasar. Harapan melalui buku ini adalah agar dapat mencetak guru-guru sekolah dasar yang memiliki pemahaman matematika bilangan yang kuat…
Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengumpulkan, menyajikan, mengolah atau menganalisis, dan menyimpulkan suatu data.Dalam penelitian pengumpulan data statistitik dapat diperoleh dengan cara kuesioner, observasi, tes, dsb. Lebih lanjut teknik pengumpulan data akan diperdalam pada matakuliah metode penelitian. Penyajian data…
Although MLD students do not have good mathematical performance in completing addition and subtraction operations of integers, MLD students have suggestive ideas in the form of drawings produced in solving open number sentences questions. This study aims to classify the types and identify changes in the drawing produced by MLD students in solving open number sentences questions. This research …