Buku ini ditulis sebagai bahan referensi bagi guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang kreatif. Materi dalam buku ini mencakup teori belajar, model pembelajaran, metode serta teknik pembelajaran yang inovatif yang dijabarkan secara jelas dan mudah dipahami. Materi dapat digunakan untuk merancang strategi dan m…
Buku ini membahas tentang strategi dan cara mendidik anak untuk dapat memiliki karakter dan akhlak mulia. Atribut pengembangan karakter dikaji berdasarkan ayat-ayat Alquran dan sunah Rasulullah yang dijadikan sebagai dasar dalam membahas pendidikan karakter di dalam keluarga dan di sekolah. Analisis ayat Alquran yang menceritakan tentang strategi pendidikan berdasarkan kisah Luqman dalam mendid…
Buku ini membahas tentang penciptaan alam semesta, bintang di ruang angkasa, laut dan atmosfer bumi, penciptaan makhluk hidup, keteraturan alam semesta, Ilmu dan teknologi modern, penyakit dan penyebabnya, ilmu kesehatan, dan peristiwa kiamat dalam pandangan sains. Membaca buku ini akan membuka wawasan bahwa Alquran mendahului sains dalam menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam semes…
Penilaian umumnya dilakukan dalam ranah psikomotorik, afektif, maupun dalam ranah kognitif. Tujuan melakukan penilaian untuk mendeskripsikan kecakapan pembelajaran, mengetahui keberhasilan proses pendidikan, untuk menentukan tindak lanjut hasil penilaian, dan memberikan bentuk pertanggungjawaban pihak yang berkepentingan. Evaluasi dimulai dengan pengukuran dan dilanjutkan dengan proses penilaia…