Text
Gamifikasi dalam Pendidikan : Menjadikan Joyful Learning
Buku ini membahas pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip gamifikasi—yaitu penggunaan elemen permainan dalam konteks non-permainan—untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana gamifikasi mampu meningkatkan keterlibatan (engagement), motivasi intrinsik, serta hasil belajar peserta didik melalui penerapan poin, badge, leaderboard, misi, dan tantangan belajar yang terstruktur. Buku ini juga menyajikan kajian teoritis tentang landasan psikologis dan pedagogis dari gamifikasi serta contoh praktis penerapannya di berbagai jenjang pendidikan. Dengan menyinergikan teknologi, strategi permainan, dan metode pembelajaran aktif, buku ini memberikan panduan komprehensif bagi para pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan joyful. Buku ini ditujukan bagi guru, dosen, pendidik, serta pengembang kurikulum yang ingin mengintegrasikan inovasi pembelajaran modern dalam kegiatan pendidikan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain