Buku Manajemen Ritel ini memberikan panduan mengenai aspek operasional yang penting dalam bisnis ritel seperti : pemilihan lokasi usaha, pengelolan barang, pembelian dan persediaan, pelayanan, pengelolaan SDM, tata letak dan aspek visual
Buku ini menjelaskan proses pengambilan keputusan dalam manejemen ritel yang pembahasannya dibagi dalam lima bagian, yaitu : pemahaman lingkup bisnis ritel; pengembangan strategi ritel; manajemen barang dagangan, manajemen toko dan yang terrakhir adalah analisis kinerja bisnis ritel. buku juga dilengkapi dengan studi kasus yang kerap terjadi dalam bisnis ritel.
Buku ini mengulas berbagai model dan strategi yang dipergunakan dalam menjalankan bisnis ritel yang pembahasannya meliputi : pengelolaan Sumber daya manusia, pengelolaan produk, manajemen pertokoan, manajemen distribusi barang, kompetisi, layanan pelanggan, pengelolaan keuangan, penempatan lokasi dan penggunaan IT
Membangun keunggulan bersaing berarti peritel membangun tembok yang mempertahankan posisinya dalam pasar ritel. Pesaingnya akan mengalami kesulitan untuk menarik konsumennya, karena sudah dibatasi oleh tembok keunggulan yang sudah dibangun. Dewasa ini bisnis ritel tumbuh sangat pesat, banyak pelaku ritel bersaing sangat ketat. Situasi ini diiringi dengan semakin meningkatnya tuntutan konsumen u…