Buku ini terdiri dari empat bab yakni Manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam; Analisis tentang kepemimpinan; Tinjauan tentang pendidikan Islam; Manajemen dan kepemimpinan pendidikan Islam
Buku ini terdiri dari tujuh bab yakni Konsep dasar mutu, Para pengembang manajemen mutu, Total quality management, Pelanggan dan kepuasan pelanggan, Kepemimpinan dalam manajemen mutu, Perencanaan strategis untuk mutu, Benchmarking
Sejalan dengan perkembangan zaman, pesantren kini mengalami perubahan. Sebagian pesantren tetap mempertahankan pola dan gaya pendidikan pesantren salaf, yakni pesantren yang masih menganut sistem lama dan menekankan pada pengajaran kitab kuning, namun tipologi ini semakin hari jumlahnya semakin kecil. Tipe pesantren yang kini terus berkembang adalah pesantren kholaf yakni pesantren modern yang …
Buku ini merupakan handbook bagi mahasiswa Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (Pasca Sarjana FAI UMSIDA). Sejalan dengan perkembangan zaman, pesantren kini mengalami perubahan. Sebagian pesantren tetap mempertahankan pola dan gaya pendidikan pesantren salaf, yakni pesantren yang masih menganut sistem lama dan menekankan pada pengajaran kitab kuning, namun tipologi ini semakin hari jumlah…
Memasuki era global dan milenial pengelolaan lembaga pendidikan lebih-lebih lembaga pendidikan Islam membutuhkan paradigm baru dalam pengelolaanya. Tanpa dilakukan perubahan, maka penyelenggaraan pendidikan akan mengalami krisis kepercayaan yang bermuara akan ditinggalkan oleh stake holder. Prinsip umum dalam penyelenggaraan sekolah atau lembaga pendidikan adalah prinsip efektif. Lembaga pendid…
Potret Pendidikan Islam Di Indonesia ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Potret Pendidikan Islam Di Indonesia merupakan salah satu sumber yang sangat berpotensi dalam menentukan sukses dan kelancaran progam pendidikan serta merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam manajemen pengelolaan pendidikan.
Buku ini memaparkan sebuah konsep pendidikan modern. Sekolah yang atmosfernya penuh keteraturan, penuh keakraban satu sama lain, penuh antusiah belajar, semangar menebar prestasi, dan siap mengarungi tantangan untuk mengantarkan para siswanya sukses berlandaskan karakter yang diandalkan.
Buku ini merupakan buku panduan atau pegangan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang nantinya akan menjadi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah . Madrasah Ibdidaiyah sebagai lembaga pendidikan tingkat dasar di bawah pembinaan kementrian Agama, memiliki corak dan ciri khas tersendiri terkait dengan kurikulumnya. Struktur kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah (MI)…