Buku ini terdiri dari delapan bab, yakni Makna pengembangan pembelajaran IPS SD; Pembelajaran IPS menggunakan metode simulasi; Pendekatan inkuiri dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial; Penggunaan model pembejaran kooperatif dalam pendidikan IPS; Pendekatan sains teknologi dan masyarakat dalam pengembangan pembelajaran IPS SD; Pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS; Rancangan pembelajaran.
Buku ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya faktor-faktor yang berperan penting dalam prestasi akademik siswa di tingkat awal sekolah dasar, yang meliputi : lingkungan belajar, dukungan keluarga, metode pengajaran, motivasi belajar, dan faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memperoleh prestasi akademik yang baik. buku ini juga memberikan strategi d…
Rancangan Pembelajaran harus dibuat terlebih dahulu sebagai salah satu syarat diperbolehkannya mengajar. Rancangan tersebut terdiri dari: Silabus, RPP, dan Penilaian Pembelajaran. Tahun 2020, RPP dapat disederhanakan menjadi 1 lembar saja dengan tidak mengurangi komponen-komponen RPP yang semestinya.