Buku ini disusun dalam sistematika deduktif, yakni dimulai dengan menguraikan hal-hal yang bersifat umum kemudian dilanjutkan dengan pembahasan khusus. Hal ini dapat dilihat dari susunan buku yang diawali dengan pengertian penelitian secara umum kemudian dilanjutkan dengan rincian penelitian, seperti penelitian komunikasi, teknik, metode, dan aplikasinya.
Buku ini memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai konsepsi dan aplikasi dari manajemen public relations yang efektif dan efesien. Termasuk dalam pembahasannya adalah persyaratan-persyaratan penting yang harus dimiliki dan dilakukan oleh pejabat public relations (humas), agar fungsinya sebagai fasilitator dan komunikator gagasan atau ide-ide untuk mempengaruhi opini publik dapat dilakukan …
Buku ini membeberkan secara sistematis prinsip-prinsip utama etika kehumasan profesional. Pembahasan yang dituangkan dalam buku ini sangat luas, mulai dari sisi dasar dan filosofis dari etika dan komunikasi sampai pada aplikasi etika profesional. Oleh karena itu, buku ini menjadi bacaan wajib bagi siapa saja yang ingin menjadi profesional humas (PR) yang etis dan bertanggung jawab.
Dalam upaya untuk menjaga atau mempertahankan citra, diperlukan kiat dan strategi peranan public relations. Salah satunya adalah melalui teknik berkampanye dan berkomunikasi yang efektif untuk keperluan publikasi atau tujuan promosi tertentu. Lebih lanjut tentang teknik berkampanye tersebut akan dijelaskan didalam buku ini disamping beberapa bahasan lainnnya.
Buku ini mengulas public relations sebagai upaya untuk menjaga citra suatu lembaga atau organisasi melalui teknik berkampanye dan berkomunikasi yang efektif. pada bab pertama dijelaskan mengenai pemahaman, definisi, peranan dan tujuan public relations yang dikaitkan dengan bauran PR. dinajutkan dengan dimensi komunikasi kampanye PR, rekayasa opini publik, peranan kampanye PR untuk memenangkan p…